Blog

 Berlibur sambil membawa bayi akan memberi Anda pengalaman yang jauh berbeda dengan liburan yang biasa Anda jalani sebelumnya, sebelum memiliki anak tentunya. Bisa jadi ini akan menjadi sebuah liburan yang paling seru bagi Anda, sebab Anda akan bepergian dengan pasangan dan si buah hati sekalian. Namun, liburan ini juga akan membutuhkan berbagai persiapan yang berbeda dari biasanya, karena itu sangat penting bagi Anda untuk merencanakannya dengan sangat matang.

Tidak sekedar liburan biasa, terutama bagi Anda yang akan membawa serta bayi Anda berlibur untuk pertama kali. Mungkin Anda akan sedikit khawatir atau merasa kurang nyaman, namun jika dipersiapkan dengan matang dan terencana maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan berbagai hal di dalam liburan Anda dengan si kecil. Beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda mempersiapkan liburan yang menyenangkan bersama dengan bayi Anda:

1. Rencanakan dengan Matang

Berlibur dengan bayi tentu akan sangat berbeda dengan ketika Anda hanya berlibur berdua bersama pasangan saja. Anda akan membutuhkan persiapan ekstra dan mulailah dengan sebuah perencanaan yang benar-benar matang, sebab akan sangat merepotkan jika Anda melakukan perjalanan yang tidak direncanakan.

Semua harus persiapkan sejak awal, mulai dari tiket pesawat, kamar hotel, dan bahkan berbagai transportasi lainnya yang akan Anda butuhkan selama berlibur nanti. Hal ini akan membuat Anda memiliki waktu yang tepat untuk menyusun jadwal perjalanan Anda, sehingga Anda bisa menyesuaikan berbagai kegiatan Anda dengan kegiatan si kecil di perjalanan. Jangan membuat sejumlah jadwal yang terlalu padat, sebab si kecil bisa saja menjadi lelah dan sedikit rewel selama masa liburan tersebut.

2. Siapkan Waktu yang Lebih Banyak

Jika dulu Anda memiliki kebiasaan melakukan segala sesuatunya tepat waktu atau bahkan cenderung mendekati terlambat, maka Anda harus mulai melupakan hal tersebut. Saat membawa si kecil travelling, Anda harus mempersiapkan waktu yang lebih banyak untuk mengantisipasi berbagai hal yang mungkin saja terjadi, terutama untuk berbagai kebutuhan yang tidak bisa ditunda, seperti jadwal penerbangan.

Jangan mengambil resiko untuk datang tepat waktu, tetapi Anda harus datang dan tiba di bandara lebih awal, sebab itu akan jauh lebih baik daripada ketinggalan pesawat nantinya.

Si kecil bisa saja membutuhkan perhatian mendadak yang membuat Anda harus menunda perjalanan, misalnya ketika tiba-tiba dia buang air besar, maka Anda akan membutuhkan waktu untuk membersihkannya dan mengganti kembali popoknya, bukan?

3. Ikuti Jadwal Bayi Anda

Ketika menyusun agenda perjalanan Anda, maka sangat penting untuk menyesuaikannya dengan jadwal tetap si kecil. Artinya, beberapa hal seperti jadwal makan, tidur siang dan yang lainnya harus tetap dijalankan agar si kecil tidak sampai rewel selama liburan. Anda tentu sudah mengetahui dengan jelas jadwal tetap si kecil sepanjang hari, bukan?

Bayi akan sangat sulit menyesuaikan diri pada perubahan aktivitasnya, dan hal ini akan membuat mereka tidak nyaman dan rewel karena adanya perubahan mendadak tersebut.

Misalnya ketika jadwalnya tidur siang, Anda justru membawanya jalan-jalan ke pasar tradisional yang ramai pengunjung dan panas sekali, maka bisa dipastikan bayi akan “mengamuk” dan rewel sepanjang perjalanan.

Begitu juga ketika bayi terlambat makan dan merasa lapar, biasanya bayi akan rewel atau bahkan menangis. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga dan mengikuti jadwal tetap mereka sepanjang hari.

Jika Anda berniat untuk melakukan perubahan pada jadwal tersebut, maka pastikan itu hanya perubahan kecil-kecil saja dan tidak mengganggu jam tidur dan makannya.

4. Siapkan Bekal Makannya

Ini adalah hal yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan, sebab bayi Anda bisa saja menjadi rewel atau bahkan sakit jika makannya tidak teratur seperti biasanya. Selalu siapkan dan bawa bekal makan si kecil dengan lengkap, tentunya sebagaimana biasanya yang Anda berikan sehari-hari pada si kecil.

Perubahan makanan yang diterima oleh bayi, juga bisa membuat bayi menjadi rewel dan tidak nyaman, jadi selalu upayakan untuk menyiapkan makanannya sebagaimana biasanya. Jangan memberinya makanan sembarangan, sebab hal ini sangat berisiko dan bisa saja membuatnya sakit karena salah makan. Makanan si kecil adalah salah satu hal wajib yang tidak boleh tidak dibawa ketika sedang travelling.

5. Siapkan Perlengkapan Liburan Anda

Ketika akan membawa si kecil liburan, maka Anda harus siap-siap untuk membawa berbagai perlangkapannya selama di sana. Ini mungkin akan jauh lebih merepotkan daripada liburan-liburan yang sebelumnya, karena itu persiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik. Anda juga bisa menyusun daftarnya terlebih dahulu, sehingga tidak melupakan sesuatu yang penting untuk Anda bawa nantinya.

Perlengkapan si kecil akan sangat kompleks, siapkan waktu khusus untuk menata dan menyusunnya ke dalam koper agar tidak ada yang sampai ketinggalan.

Anda perlu membawa perlengkapan dasar seperti: pakaian yang lengkap dan termasuk kain gendong dan popoknya juga, peralatan makan dan minum, perlengkapan mandi, makanan dan minumannya (sufor), obat-obatan, mainan dan berbagai perlengkapan lainnya yang penting untuk dibawa.